Indonesia Energy Outlook by System Dynamic (INOSYD)

Model Indonesia Energy Outlook by System Dynamic (INOSYD) pada mulanya dikembangkan oleh Pengkajian Energi Universitas Indonesia (PEUI) sejak tahun1997. Pada model ini sistem energi nasional yang digunakan dimodelkan dengan pendekatan sistem dinamik. Model ini bisa dikategorikan sebagai model bottom-up dan top-down dengan proyeksi parameter ekonomi makro mempengaruhi sistem energi dan lingkungan, dan interaksi balik dari sisi sistem energi dan lingkungan ke ekonomi makro. Tampilan model INOSYD dapat dilihat pada gambar dibawah.

Model sistem energi terdiri dari bagian penyediaan energi dan bagian permintaan energi termasuk didalamnya Refference Energy System (RES). Sisi penyediaan masing-masing bagiannya (modul minyak bumi, gas bumi dan batubara) dimodelkan secara dinamik kecuali energi terbarukan. Sisi permintaan energi dibagi menjadi beberapa sektor yaitu industri, komersial, rumah tangga, transportasi serta listrik yang kesemuanya dimodelkan secara dinamik. Sisi permintaan dan penyediaan energi dihubungkan dengan modul neraca energi (RES) yang mempertimbangkan aspek kinerja teknologi energi dan lossess. Modul ekonomi makro berisikan Social Accounting Matrix (SAM).

INOSYD adalah suatu program dari model sistem dinamis energi nasional yang ditulis dengan piranti lunak Powersim Contructor yang menggunakan metodologi sistem dinamis. Program ini membuat small world‖ energi Nasional dimana interaksi antar variabel dan perilaku variabel-variabel pendukung dapat terlihat. Output dari program ini merupakan perilaku dinamis sistem energi nasional yang meliputi suplai energi, permintaan energi, biaya suplai energi, biaya produksi energi, infrastruktur energi, devisa, GDP impact. dan emisi polutan, baik per jenis maupun sektoral sesuai dengan data dan asumsi yang telah dikondisikan dalam program. Di samping itu output bisa ditampilkan baik dalam bentuk grafik maupun tabel.

Berita Terbaru

Pengkajian Energi Universitas Indonesia © 2018. Semua Hak Dilindungi. Frontier Theme