Perngkat Lunak Database Energi Indonesia

Penyusunan Database Energi Indonesia merupakan bagian yang penting dari pengembangan model energy mix dalam kajian. Selain berfungsi sebagai sumber data yang akan digunakan untuk referensi pembanding dalam model yang akan dikembangkan, susunan secara terstruktur data historis energi ini diharapkan dapat menjadi satu keluaran yang dapat berdiri sendiri sebagai perangkat pembantu dalam hal pencarian data dan pengolahan data energi di Indonesia.

Database Energi Indonesia ini dikembangkan dalam bentuk suatu perangkat lunak (software) yang bersifat dinamik. Oleh karena itu perangkat lunak yang digunakan dan dikembangkan bukan hanya berupa suatu versi multimedia dari kumpulan berbagai data yang telah dipublikasikan namun juga memfasilitasi pemutakhiran data (data updating) yang dapat dilakukan dengan suatu antarmuka (interface) yang ramah pada pengguna (user friendly).  Dengan demikian perangkat lunak Database Energi Indonesia ini memungkinkan terpeliharanya keterkinian database energi Indonesia dari waktu ke waktu.

Perangkat lunak Database Energi Indonesia yang akan disusun ini akan menggunakan data awal yang utamanya bersumber dari publikasi cetak Energy Outlook & Statistics (PEUI) 2002 berupa data Penyediaan Energi dan Penggunaan Energi di Indonesia sampai tahun 2000 dan didukung dengan data-data yang diperbarui sampai tahun 2002. Database ini dirancang  dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Access 2000, sedangkan tampilan  antarmuka (interface) dari database ini menggunakan Graphic User Interface (GUI) yang dirancang dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.

Berita Terbaru

Pengkajian Energi Universitas Indonesia © 2017. Semua Hak Dilindungi. Frontier Theme