Latar Belakang dan Sejarah

LATAR BELAKANG

Jika ditinjau dari sistem energi yang terdiri dari suplai energi, konversi energi dan permintaan energi baik skala nasional dan global serta permasalahan yang terkait, dalam kebijakan dan perencanaan energi nasional diperlukan suatu visi dan misi yang jelas serta implementatif, yang merupakan arah kebijakan dalam pengembangan dan pengelolaan energi nasional. Disamping itu diperlukan konsistensi dan kontinuitas pelaksanaan perencanaan, leadership, dan pengawasan yang baik, yang didukung oleh adanya kelembagaan energi yang berfungsi dengan baik dan struktur industri energi yang mandiri dan efisien serta kompetitif, untuk tercapainya tujuan pembangunan di bidang energi dimana peran sektor energi sangat vital di dalam pembangunan nasional.

Melihat kepada hal-hal disebutkan diatas dan faktor-faktor lain seperti ekonomi, teknologi, sosial, lingkungan dan politis akan ikut memberi warna kepada hasil-hasil pembangunan yang diharapkan. Ini berarti bahwa sektor energi harus mampu menjamin penyediaan energi nasional dimasa yang akan datang atau secara berkesinambungan dikarenakan energi memiliki peran strategis sebagaiĀ ‘Engine of Economic Growth’. Dari kompleksitas keterkataian sektor energi dengan sektor lain ini berarti perlu suatu analisis yang melibatkan ahli-ahli energi dan ahli terkait, yang juga berarti menggambarkan tingkat kesulitan dari kajian yang akan dilakukan.

Sadar akan hal itu dan dengan pandangan yang jauh kedepan, masyarakat energi Universitas Indonesia memandang perlu membentuk suatu Pusat Pengkajian Energi Universitas Indonesia (PEUI) yang melibatkan beberapa fakultas yang ada di lingkungan Universitas Indonesia, sehingga nantinya dapat berperan aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat berupa sumbangan pemikiran, disamping tugas utamanya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

SEJARAH

Pengkajian Energi Universitas Indonesia dirintis sejak pertemuan pertama para peminat bidang energi di Universitas Indonesia pada 30 April 1994. Setelah tim ini mempersiapkan segala sesuatunya maka pada tanggal 22 Juni 1994, Rektor Universitas Indonesia menyetujui dibentuknya Pengkajian Energi Universitas Indonesia (PEUI), pada tingkat universitas yang merupakan unit kegiatan di bidang energi. Setelah melakukan penyempurnaan dan melakukan beberapa aktifitas, maka pada bulan Maret 1995, Pengkajian Energi Universitas Indonesia berubah status menjadi Unit Kegiatan dibawah Lembaga Penelitian Universitas Indonesia (LP-UI) yang berganti nama menjadi Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM-UI). Pada tahun 2005 sampai dengan sekarang Pengkajian Energi Universitas Indonesia berada dibawah Fakultas Teknik UI dan memiliki lebih dari 15 staf ahli yang bergelar Doktor dan Magister di bidang energi dan bidang terkait.

Berita Terbaru

Pengkajian Energi Universitas Indonesia © 2018. Semua Hak Dilindungi. Frontier Theme